Gembok dan Kunci: Masalah dan Solusinya

Gembok dan Kunci: Masalah dan Solusinya


Kita hidup di dunia ini pasti tidak lepas dari masalah. Bagaikan garam di sayur,  masalah pun menjadi bagian dari keseharian kita. Namun,  itu semua tergantung dari kita bagaimana menyikapi masalah-masalah hidup kita apakah "garam" tersebut menambah nikmatnya hidup atau malah menjadi sebuah sajian paria dan brotowali yang disajikan dengan jamu godog super pahit bagi kita.


Jika masalah tersebut bertemu dengan solusi yang tepat,  tentunya seberat apapun masalahnya akan tuntas terselesaikan. Bagaikan gembok yang dibuka dengan kunci yang tepat, maka sekuat dan se-modern apapun metode gembok tersebut mengunci,  maka akan terbuka dengan gampangnya sekali "klik" walaupun dengan kunci yang kecil dan remeh. Begitu lah, sebenarnya mungkin saja kita frustasi, uring-uringan dengan masalah yang dihadapi karena belum menemukan "kunci yang tepat". Kita malah memilih membuka paksa gembok masalah tersebut dengan cara-cara lain semisal dengan gergaji besi, las,  bahkan linggis yang justru membutuhkan energi, waktu,  dan risiko yang lebih besar untuk membukanya.

Bagaimana mendapatkan kunci yang tepat tersebut? Di sini lah kita perlu meminta petunjuk dari Alloh swt. sebagai Zat yang menguasai seluk-beluk alam semesta ini , lalu bersabar dan tekun dalam mencari solusi tersebut menggunakan akal sehat yang dibekali oleh Alloh swt. pula. Sesuatu di dunia ini diciptakan dengan seimbang. Penyakit diciptakan beserta obatnya ; masalah pun hadir beserta solusinya. Maka, sabar, tekun dan akal sehat bisa menjadi modal kita untuk menemukan kunci solusi tersebut. Atau dengan kata lain,  hal itu merupakan modal melakukan "usaha dan doa" yang seimbang sepanjang hidup ini dalam menemukan kunci tersebut.

Buat saya dan teman-teman di mana pun itu, tetaplah semangat dan jangan berputus asa dari rahmat Alloh swt. menjalani hidup ini. Terlalu singkat wakt ini dihabiskan cuma buat uring-uringan dan mengeluh saat ada masalah. Buatlah menjadi sederhana, cukup temukan kunci yang tepat,  maka gembok masalah pun insya Alloh segera terbuka. (AN)