FIM, Atas Tilikan Personaku

FIM, Atas Tilikan Personaku


Forum Indonesia Muda (FIM). Setelah saya mempelajari dari berbagai sumber daring relevan tentang FIM selama beberapa tahun ini, lingkup organisasi ini menurut saya yakni seputar pemberdayaan masyarakat (people and society empowerment) untuk menghasilkan sesuatu yang signifikan bagi lingkungan sekitar para anggotanya/alumninya/ setidaknya yang pernah berkecimpung dalam sub-sub kegiatan di FIM. Keluarannya pun tidak hanya dituntut untuk menghasilkan, namun harus bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Solidaritas antar alumninya pun termasuk yang menurut saya itu kuat, terbukti antara lain dengan kekonsistenan mengadakan pelatihan dari tahun ke tahun sejak 2003 (tapi saya yakin, cikal bakalnya pasti sudah ada beberapa tahun sebelum ini).


Keberagaman usia peserta pelatihan yang dalam rentang produktif awal dan kebijakan rekruitasi yang dinamis (tiap pelatnas beda-beda rentangnya, contohnya FIM 19 itu 18-30 tahun, lalu FIM 20 itu 18-30 tahun, dan FIM 21 kali ini 18-35 tahun. Lalu, sebelum FIM 19, lupa tepatnya, sempat diadakan rekrutmen 2x setahun, namun ke sininya diadakan hanya 1x setahun) mengindikasikan kalau dari tahun ke tahun ini pastinya ada fokus tema yang berbeda menyesuaikan dinamika zaman di masyarakat, namun tetap berprinsip dasar (FIM berprinsip pada 7 pilar kepemimpinan dan 7 pilar karakter. Semoga masih knsisten dengan prinsip-prinsip ini, ya). Selain itu, dari rentang usia produktif awal tersebut, latar belakang pun diperhatikan; sebuah peluang untuk berkolaborasi dari berbagai disiplin oleh para insan energik menghasilkan suatu aktivitas sinergis (bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi “gerakan” positif) yang memberikan dampak positif untuk masyarakat dan berkesinambungan (gak musiman).

Bagi saya yang suka dengan hal berbagi, hal –hal tersebut di atas lah yang memotivasi saya. Sinergi para jiwa produktif dan enerjik dalam multidisiplin diharapkan dapat mengakselerasi keluaran (output) positif tersebut yang tepat sasaran, karena dalam sinergi, akan saling melengkapi berbagai kekurangan dalam tiap elemennya, dan saling menguatkan kelebihan/keahlian/keterampilan dalam tiap elemennya pula. Saya berharap dapat bermakna pula dalam kesinergian tersebut.


[seorang saya: N&I ]