Pelatihan Pengenalan Media Online oleh FLP Bogor

Pelatihan Pengenalan Media Online oleh FLP Bogor


Forum Lingkar Pena (FLP) Bogor kembali mengadakan pelatihan pramuda angkatan ke-8 di IPB pada Ahad,  7 Juni 2015 lalu. Salah seorang penulis senior top Indonesia, Syaiful Hadi, atau yang dikenal dengan Bang Syaiha sebagai pemateri pada sesi pelatihan ini membagikan ilmunya mengenai media online.


"Media online bisa menjadi sarana ampuh mengenalkan tulisan-tulisan kita, bahkan diri kita sendiri (personal branding) kepada masyarakat luas. Di samping itu,  kita juga bisa menghasilkan banyak uang dari media online jika kita mau mengoptimalkannya," ujar beliau saat membuka materi. Tidak hanya cara-cara mengelola tulisan dan tampilan blog agar menarik,  tips-tips singkat meningkatkan pagerank blog dan peluang-peluang mendulang uang di blog pun dikupas praktis oleh beliau.

"Menulis adalah sebuah keterampilan, dan keterampilan itu diasah bukan dengan membaca teori-teorinya saja,  tetapi harus dipraktekkan konsisten agar diri menjadi terampil pada hal tersebut," pesan bang Syaiha. "Agar tulisan kita semakin baik dan berbobot,  satu-satunya cara adalah dengan terus konsisten berlatih menulis," tambah beliau di akhir penyajian materi.

Sesi pelatihan ini ditutup dengan video singkat profil bang Syaiha dan penampilan mimbar sastra dari pramuda kelompok Akasia. (NPA)